Beranda » BB5 » Solusi Hardware NOKIA E71

Hardware solution Nokia E 71

Sering kali pengguna ponsel type ini mengeluh karena ponsel yang digunakan mengalami kerusakan pada Switch Power, Carger, Koneksi USB, kartu sim tidak terbaca, dan VIBRATOR tidak berfungsi dengan baik. Berikut solusi permasalahan Hardware pada ponsel Nokia E71.

Switch Power
Periksa Switch ON/OFF apakah switch tersebut mengalami kerusakan,dan apa bila switch tersebut tidak mengalami kerusakan,maka ukur komponen atau resistor R2511 dan R2512 bila komponen tersebut tidak sesuai dengan nilainya maka lakukan penggantian,biasanya pada NOKIA E71 yang sering terjadi kerusakan hanya pada resistor R2512 maka ganti komponen tersebut.

switch power1

————-

switch power2

NOT CARGING
permasalahan NOT CARGING sering kali kita alami dan tidak menutup kemungkinan permasalahan ini akan dialami oleh ponsel nokia E71,lakukan pengukuran pada F2000, L2000,  R2000, C2000 dan C2001 dan apa bila nilai dari komponen tersebut sudah tidak sesuai maka lakukan penggantian komponen dengan nilai yang sama.

carger1

————-

carger2


Koneksi USB
berikut ini adalah permasalahan Koneksi USB pada NOKIA E71 permasalahan tersebut biasanya terjadi pada konektor USB X3300 kotor,setelah anda bersihkan, masalah koneksi ini masih tetap berlanjut. Maka yang harus anda lakukan adalah memeriksa jalur pada konektor USB, dan ukur nilai resistor R3301, bila nilai dari R3301 tidak sesuai maka ganti komponen tersebut. Bila jalur pada konektor X3300 tidak ada yang putus, biasanya yang sering terjadi kerusakan pada EMIF R3300.maka ganti R3300 dengan yang baru.

usb1

————-

usb2

Kartu sim tidak terbaca
permasalahan sim tidak terbaca sudah menjadi permasalahan yang umum dan tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada Nokia E71. permasalahan ini biasanya terjadi dikarenakan hilangnya VSIM ( tegangan pada konektor sim ), sehingga kartu sim tidak terbaca, lakukan pengukuran pada C2700, bila rusak maka lakukan pergantian pada komponen tersebut C2700.

sim1

————-

sim2

vibrator
pemasalahan ini biasanya terjadi hanya pada L2105 dan L2106 yang rusak, maka periksa komponen tersebut, apa bila terjadi kerusakan maka lakukan penggantian pada kedua komponen tersebut.letak kedua komponen L2105 dan L2106 berada pada mesin bagian depan, sedangkan letak konektor VIBRA berada pada mesin bagian belakang, perhatikan gambar berikut

VIBRA E71

————-

vibra dig

————-

vibra skema

demikian solusi harware pada nokia E71.
Semoga bermanfaat (kiki)

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

7 komentar

  • ihsan says:

    mas, kameraku kok tampilannya cuman hitam aja alias tidak berfungsi. kenapa ya mas? mohon pencerahan.

  • trisna pramana says:

    sob..

    klo mic bawah E71 ga mau, jalurnya gimana sih? tapi klo pake headseat dia mau.

    awalnya kecebur, tapi sebelum di bongkar dia maish mau, pas servicedibersihkan semua, pasang mic baru malah ga mau…. kenapa ya

    bisa minta skema nya ga…
    thx ya

  • eisguitui says:

    masalah lampunya dung pa bos

  • wawan says:

    e71 kasusnya:signal trun naik,kamera g brfungsi klo ud nyala bgtu kluar signal brthan pling lama 10 mnit lgsg mati..bgtu hdp standby than lama tp signal blank.kta tkg servis jalurnya kena,IC kamera hrz ganti,PA signal atw RF..rumit bgt…..kira-kira apa krusakanya gmn solusinya trz brp estimasi biaya?????

  • restya says:

    saya barusaja mengalami masalah dengan hp nokia e71 saya, layarnya mati dan hanya bisa nyala restart2 terus dan berkedip2..
    bagaimana solusinya ya.. mohon pencerahannya
    Terimakasih

  • Aan says:

    Kalau diagram untuk GPS and Front Camera gimana boss ?
    Mohon pencerahan.

    Thanks,
    aan

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.